Rabu, 27 Juni 2012

BMW i8 Spyder Mobil Listrik Tanpa Atap

Tags

FadhiilRachman.Net - Mobil hibrida yang sekarang ini dijual ke pasaran, merupakan mobil keluarga dengan tenaga rata-rata. Sayangnya sampai saat ini belum ada mobil listrik yang diperuntukkan untuk penggila kecepatan. Nah, BMW membaca peluang ini dan memperkenalkan Vision EfficientDynamics Concept beberapa waktu lalu dan berjanji akan memproduksinya secara massal. Dan baru-baru ini pabrikan Bavaria tersebut mengembangkan i8 Concept dengan memperkenalkan i8 Spyder.

BMW i8 Spyder Concept merupakan versi atap terbuka dari i8 Concept yang berformat coupe dua pintu. Sepertinya BMW juga melihat adanya peluang dimana banyak konsumen yang menginginkan mengendarai mobil ramah lingkungan sambil menikmati udara yang segar.

Dibandingkan dengan Vision, i8 ini tampil dengan desain yang lebih manusiawi. Sepertinya versi produksi dari i8 tak jauh berbeda dengan mobil ini. Gril khas BMW yang berukuran besar dan memancarkan warna biru digantikan dengan gril biasa berwarna hitam dengan warna biru di bagian pinggir mengikuti garis desain gril. Bentuk lampu utama juga didesain ulang sehingga terlihat lebih elegan.

Dari bagian samping, pintu model transparan ditanggalkan dan diganti dengan pintu biasa yang dapat dibuka ke atas layaknya mobil keluaran Lamborghini. Keren, bukan? Pelek juga mengalami perubahan. Sekarang i8 Spyder menggunakan pelek yang ramah lingkungan dengan palang lima.

Sedangkan bagian belakangnya tak terlalu banyak berbeda dengan Vision Concept. Lampu belakang yang terlihat seperti mengambang masih terlihat pada i8. Tapi desainer BMW menambahkan garis-garis halus pada lampu belakangnya. Garis desain pada bagian ini juga terlihat mengalami perubahan. Jika pada mobil konsep pertama menyerupai huruf 'A', sekarang hadir dengan desain baru yang mirip dengan huruf 'Y'.


Sekarang saatnya beralih ke kabin i8 Spyder ini. Sebagai pabrikan yang terkenal dengan mobil mewahnya, tentu BMW juga menampilkan interior i8 yang mewah dan berkualitas tinggi. Material interior mobil dua pintu ini merupakan gabungan dari plastik, karbon, dan kulit. Sedangkan warna kabinnya merupakan paduan antara oranye dan silver. Secara keseluruhan bagian dalam i8 ini terlihat rapih dan menawan. Setir palang tiganya kemungkinan akan ada di versi produksinya nanti.

Pihak BMW juga memposisikan jok pengemudi dengan level rendah untuk menambah kesayikkan berkendara dengan mobil atap terbuka. Kesan futuristic ditujukkan melalui tuas transmisinya yang berdesain unik dan juga panel instrument yang menampilkan angka kecepatan mobil dalam bentuk digital. Sistem navigasinya ditampilkan melalui layar berukuran 8,8 inci yang diletakkan di tengah-tengah dasbor.

Untuk tenaga pendorongnya, i8 ini mengandalkan plug-in hybrid yang menggunakan dua sumber tenaga, yakni motor listrik dan mesin biasa. Dan kedua sumber tenaga tersebut bisa bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan tenaga yang optimal. Motor listriknya diletakkan di bagian depan dan memiliki tenaga 131 dk.

Sedangkan mesin tiga silinder yang digunakan, dilengkapi dengan turbocharged dan mampu menghasilkan tenaga 223 dk. Kalau motor listrik dan mesin biasa berkeja secara bersamaan akan menghasilkan tenaga 354 dk dengan torsi 550 Nm. BMW mengklaim bahwa i8 Spyder mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 5 detik dan kecepatan maksimum 250 km/jam.

Mobil yang mempunyai transmisi e-Drive ini rencananya akan memulai debutnya pada Beijing Motor Show 2012 pada akhir April mendatang.

1 komentar so far

wich keren banget nich mobil...
kunjungan balik dari yyulio.blogspot.com

Biasakan sebelum berkomentar, bagikan link ke teman anda untuk membantu kami membuat artikel lainnya yang bermanfaat. Komentar yang kami balas hanya yang berguna dan bermanfaat.
Emoticon Emoticon