Selasa, 30 April 2013

Kotak Susu Indomilk Dituding Gaya Hidup Gay

Gambar susu bermerek Indomilk dituding menyebarkan gaya hidup gay. Kok bisa? karena menurut pengkritiknya, kotak susu buat anak-anak itu bukan menunjukkan gambaran keluarga yang ada ayah, ibu dan anak. Yang muncul 2 lelaki dan satu anak lelaki.

Ribut-ribut soal susu gay ini dilontarkan banyak pihak lewat jejaring sosial media Twitter. Kenapa kotak susu bergambar dua orang dewasa berjenis kelamin laki-laki yang hampir sebaya dan mengapit seorang anak laki-laki seperti menggambarkan keluarga gay.

Kemasan susu tersebut dicap 'susu LBGT (Lesbi Gay Biseksual Transgender)'. Kicauan bermula dari akun twitter @trijakaperkasa. "Ini kemasan susu aneh gak? Aneh yaaaa," begitu isi kicauannya seperti yang diposting 16 jam lalu.

Ternyata, kicauan @trijakaperkasa disambut Fahira Idris dengan menanyakan "Susu apa tuh mas?". Bahkan Fahira Idris ngetweet agar produsen susu menjelaskan maksud iklan tersebut.

Soal 'Susu LBGT' itu semakin ramai diperbincangkan di media sosial tersebut. Padahal, isu susu tersebut pernah ditanyakan pada 2011. Seperti diungkap @valdyabara: "Knp skr baru heboh soal gay di kotak indomilk?? Siapa yg bisa jamin sapi poto model susu dari dulu itu straight??".

"Dear parents, both straights and gays, meminum susu dengan box yg menampilkan gay parents gak akan bikin anakmu jadi gay. Yakin deh," isi tweet @AmmarGill.

"Sampai saat ini kita belum tahu pasti dampak pd anak yg diasuh pasangan gay/lesbian. Permasalahkan bungkus susu adl diskusi yg terlalu dini"--@hermansaksono.

Namun tak sedikit pihak yang membela kalau gambar susu itu mencerminkan tiga generasi. Memang jika diperhatikan sekilas kedua pria dewasa hampir sebaya, namun salah seorang pria terlihat tampak tua dibanding yang satunya.

@kemalarsjad 12h:itu iklan dilihat dgn kacamata lebar deh. itu mewakili 3 generasi peminum susu tsb. bukan pendukung gay. *aneh*

Soal 'Susu LGBT' ternyata pernah jadi topik dalam Suara Publika di Harian Umum Republika pada 2 Desember 2011. Suara Publika berjudul "Susu Indomilk : Kemasan Mengandung Pesan Berbahaya" akhirnya mendapat tanggapan dari produsesn susu pada Senin, 5Desember 2011..

"Pesan yang disampaikan oleh produsen Indomilk tersebut adalah hendak menyampaikan bahwa abnormalitas adalah suatu hal yang lumrah dan mengubah pandangan struktur keluarga yang selama ini di strukturkan sebagai seorang ayah, seorang ibu dan anak-anak," begitu isi blog berjudul 'Rahasia di Balik Kemasan Susu Indomilk'.

Hingga saat ini pihak Indomilk belum memberikan klarifikasi mengenai maksud gambar tersebut. Pihak Indomilk yang dihubungi Liputan6.com mengaku arti gambar kotak susu anak-anak itu tidak seperti yang diributkan.

"Sepertinya nggak seperti itu maksudnya, tapi marketing yang tahu betul arti gambarnya," kata Suryanto dari PT Indolakto yang memproduksi susu tersebut.

Biasakan sebelum berkomentar, bagikan link ke teman anda untuk membantu kami membuat artikel lainnya yang bermanfaat. Komentar yang kami balas hanya yang berguna dan bermanfaat.
Emoticon Emoticon