Kamis, 10 Januari 2013

Tentang Bencana Y2K pada tahun 2000

Bagi yang suka mencari informasi di internet pasti tauh istilah satu ini. Y2K. Yah, inilah salah satu yang paling tenar pada tahun 2000. Nah, tentu menjadi pertanyaan, apakah itu Y2K, dan apa efek-efeknya?

Y2K, yang pada tahun 2000 disebut sebagai Millenium Bug, adalah singkatan dari Year 2 Kilo yang artinya tahun 2000. Nah, apanya sih yang aneh dari tahun 2000 lalu? Toh saat itu nggak kiamat kan?

Y2K sendiri adalah kesalahan perhitungan oleh komputer yang disebabkan oleh sistem penyimpanan tanggal yang hanya menyediakan dua digit untuk tahun, dengan asumsi bahwa kedua digit pertama adalah "19". Sistem ini diterapkan sekitar tahun 60-an dengan tujuan menghemat biaya penyimpanan. Contoh: kalau misalkan tahun 1998, di komputer akan ditulis 98 saja. Kalau 1999, ditulis di komputer 99 saja.

Nah, kalau tahun 2000 gimana? Tentunya akan tertulis 00. Inilah yang menjadi kekhawatiran, karena dalam komputer yang menggunakan chip dengan sistem di atas, 00 dianggap sebagai tahun 1900 (wah, balik satu abad dong..)

Kesalahan ini dikhawatirkan akan menyebabkan bencana besar karena komputer juga digunakan untuk mengatur fasilitas-fasilitas penting seperti PLTN dan pesawat terbang. Sebagai akibatnya banyak perusahaan di seluruh dunia mengadakan pembaharuan di bidang komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras untuk mencegah hal ini. Walaupun kemudian terbukti bahwa tidak ada bencana besar yang memakan korban jiwa, Y2K menyebabkan cukup banyak kesalahan, misalnya kartu kredit yang ditolak karena masa berlakunya habis tahun 2000, tapi dibaca komputer sebagai 1900.

Biasakan sebelum berkomentar, bagikan link ke teman anda untuk membantu kami membuat artikel lainnya yang bermanfaat. Komentar yang kami balas hanya yang berguna dan bermanfaat.
Emoticon Emoticon